Mengenal Istilah Daging Asap

Mengenal Istilah Daging Asap - Apakah Anda familiar dengan istilah “daging asap” ? Ya, istilah ini memang kerap Anda temui di menu restoran atau rumah makan, dimana olahan daging ini menjadi santapan karena rasanya yang lezat dan aromanya yang sangat mengundang selera.

Kali ini, UD. Viky Bahagia akan membahas tentang pengertian daging asap dan cara pembuatannya untuk menambah pengetahuan Anda.

daging asap

Apa Itu Daging Asap?

Daging asap adalah olahan daging yang diawetkan dengan menggunakan asap dan panas yang dibuat dari pembakaran kayu yang banyak menghasilkan asap, namun lambat terbakar. Asap tersebut memiliki keunggulan karena mengandung beberapa komponen kimia yang mampu membunuh bakteri dan jamur. Komponen kimia tersebut akan membuat daging asap akan tampak mengkilat.

Ada dua pengasapan yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Cara tradisional.
  2. Cara basah.

#1: Cara Tradisional (Cara Dingin)
Prinsip pembuatan daging asap tradisional adalah kayu atau bahan lainnya (misalnya sabut kelapa dan serbuk akasia, red.) dibakar hingga mengeluarkan asap yang banyak.

Caranya, daging diiris tipis dengan ukuran tertentu, kemudian dibakar dalam lemari asap yang tidak mempertemukan daging dengan api secara langsung. Setelah kayu dibakar, api langsung dipadamkan sehingga kayu tersebut tetap mengeluarkan asap. Pengasapan tersebut dilakukan selama 2 hari sampai daging berwarna coklat tua.

#2: Cara Basah
Cara basah memiliki keunggulan karena lebih praktis, yaitu dengan menggunakan asap yang sudah dikeringkan (disebut asap cair, red.). Setelah asap cair menempel pada ikan, ikan langsung dikeringkan.

Lalu, bagaimana dengan kandungan gizi daging asap yang sering dikonsumsi tersebut ? Ternyata dari 100 g daging asap masih mengandung protein yang cukup tinggi yaitu 32 g, serta lemak 6 g dan mineral-mineral lainnya, yaitu zat besi 5 mg, fosfor 300 mg, dan kalsium 15 mg.

Namun, jika Anda memiliki resiko darah tinggi, sebaiknya Anda tidak disarankan memakan olahan ini karena kandungan natriumnya empat kali lebih tinggi dibandingkan daging merah biasa.

Daging asap memang dinilai lebih nikmat daripada daging sapi pada umumnya. Aroma khas asap tersebut memang menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang.

Selamat mencoba membuat daging asap 🙂

Posts Related to Mengenal Istilah Daging Asap

facebook twitter delicious stumbleupon digg google+ Linkedin

Updated on Monday, 26 June 2017 by Arek SEO
Categories: Resep Masakan | Tags: , , , | Comments Off on Mengenal Istilah Daging Asap

Dokter Klinik Hewan Surabaya Si Retu